Advertisement

Main Ad

Yuk mengenal 6 kategori penyakit mental yang ada disekitar kita

 Apaaa!

Kapan!

Gak pernah tuh!

Mungkin beginilah respon ketika ada yang mengatakan bahwa kita pernah mengalami beberapa hal atau peristiwa yang masuk ke dalam ciri-ciri gangguan kesehatan mental.

Nah, biar kita gak sewot-sewot amat, mari kita mengenal terlebih dahulu :

- Apa sih yang dimaksud dengan kesehatan mental?

- Ciri-ciri gangguan kesehatan mental seperti apa sih yang pernah kita alami kok kita sampai se-sewot itu?

Kesehatan mental adalah kondisi sejahterah dimana individu mampu menyadari kemampuan yang ia miliki, mengatasi tekanan dan stres dalam kehidupan sehari-hari, bekerja produktif, dan mampu berkontribusi aktif di lingkungan atau komunitasnya.

Lalu kapan kita dikatakan mengalami gangguan kesehatan mental? Adalah ketika kita dihadapkan pada situasi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Seperti apa? Misalnya ketika kita mengalami PHK disaat pandemik, beban kerja yang tinggi di kantor, banyaknya tugas sekolah online, dikhianati teman atau pasangan dan masih banyak lagi.

Semua keadaan seperti di atas dapat memicu munculnya perasaan seperti marah, sedih, kecewa,  benci, cemas, bersalah atau perasaan lainnya. Berbagai macam perasaan yang kita alami ini disebut penyakit mental nonpsikotik.

Penyakit mental nonpsikotik biasanya tidak sampai membuat si penderita mengalami gangguan realita. Namun, biasanya si penderita mengalami gangguan perasaan atau memiliki pola pikir yang tidak sesuai dengan hukum atau norma yang berlaku, dan penyakit ini biasanya berhubungan erat dengan stres dan trauma.

Sekarang kita perlu mengetahui apa saja yang masuk ke dalam kategori penyakit mental nonpsikotik dan seperti apa cirri-cirinya. Pernahkah kita mengalaminya?

1.      Depresi

Hampir setiap individu pernah mengalami yang namanya susah tidur, dan ini biasanya disebabkan karena perasaan yang tidak tenang atau akibat dari banyaknya sesuatu yang dipikirkan. Kita juga mungkin pernah mengalami rasa putus asa misalnya ketika berkali-kali mengikuti tes penerimaan PNS tapi tidak pernah lolos.  Ciri-ciri lain dari depresi adalah tidak tenang dan gampang tersinggung, sulit untuk berkonsentrasi, makan berlebihan (kegemukan) atau susah makan (menjadi kurus). Depresi yang berat bahkan bisa memicu keinginan untuk bunuh diri.

2.      Gangguan kepribadian

-          Apakah anda pernah menemukan orang disekitar anda yang tidak memiliki rasa simpati apabila orang lain mengalami kesusahan? dan orang tersebut cenderung menyalahkan orang lain atas masalah yang terjadi dalam hidup mereka? Bisa dikatakan bahwa orang tersebut memiliki ciri-ciri gangguan kepribadian antisosial.

-          Apakah anda memiliki teman yang selalu curiga dengan pasangan dan selalu merasa dikhianati? Maka bisa dikatakankan bahwa teman anda tersebut memiliki ciri-ciri gangguan kepribadian paranoid. Ia memiliki ketidakpercayaan kepada orang lain secara berlebihan

3.      Gangguan kecemasan umum

Cemas atau istilah lainya yaitu  anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya kita akan mengalami perasaan cemas ketika berhadapan dengan situasi tertentu. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, dimana saya selalu merasa cemas ketika sedang menaiki kendaraan bermotor roda dua. Saya selalu memiliki pikiran akan terjadi kecelakaan dan perasaan ini cukup berlangsung lama. Tapi Alhamdulillah sekarang saya sudah bisa mengatasi perasaan cemas tersebut.

4.      Fobia

Apakah anda pernah memiliki ketakutan khusus atau tersendiri terhadap suatu benda? dan akan mengalami ketakutan atau panik saat melihat benda tersebut? Gejala ini disebut fobia. Fobia biasanya berhubungan dengan pola pikir terhadap suatu benda, peristiwa atau trauma. Penderita fobia akan mengalami serangan panik saat melihat atau merasakan sesuatu yang menjadi pencetusnya seperti alah satu tindakan yang dapat memperkecil risiko fobia adalah menghindari itu semua.

5.     Serangan Panik

Serangan panik atau panic attack adalah serangan perasaan takut yang terjadi secara mendadak dan tiba-tiba. Kondisi ini biasanya muncul tanpa alasan yang tidak jelas. Serangan panik ini dapat menyerang kapan saja. Faktor-faktor risiko yang dapat menjadi pemicu gangguan panic diantaranya stres merupakan pemicu paling utama, riwayat kesehatan keluarga, kejadian traumatis yang pernah dialami, seperti kecelakaan atau sakit keras, perubahan drastis dalam hidup, seperti bercerai atau memiliki anak. Nah, kalo ciri yang satu ini sepertinya kita lebih sering melihatnya di televisi ya.


6.      Obsessive-compulsive disorder (OCD))

Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya  merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Bila tidak dilakukan, penderita OCD akan diliputi kecemasan atau ketakutan. Sebagai contoh adalah, penderita OCD yang takut terkena penyakit, maka dia akan mencuci tangan secara berlebihan. Contoh lain adalah seseorang yang terlalu sering membersihkan rumah  karena dia tidak bisa melihat rumah kotor sekalipun.

 Nah, dari 6 kategori di atas, yang manakah yang pernah kita alami? Selama itu bersifat ringan dan tidak menimbulkan gangguan pribadi maupun sosial maka kita tidak perlu cemas. Namun, kita tetap perlu melakukan self care dengan cara menjaga keseimbangan emosi, menyayangi diri sendiri dengan berolahraga atau memanjakan diri dengan me time dan yang pasti dengan mendekatkan dan meningkatkan ibadah kita kepad Tuhan YME. Salam sehat!

 
                                          

Sumber referensi :

-          Aril Halida. 2020. Berkenalan dengan Kesehatan Mental. http://grhasia.jogjaprov.go.id/berita/376/berkenalan-dengan-kesehatan-mental.html.

-          Meva Nareza. 2020. Cari Tahu Informasi Seputar Kesehatan Mental di Sini. https://www.alodokter.com/cari-tahu-informasi-seputar-kesehatan-mental-di-sini.

-         Aries Dirgayunita. 2016.  Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Journal An-nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi. Vol. 1 No. 1 Juni 2016.

-          https://www.halodoc.com/kesehatan/depresi.

-          https://www.halodoc.com/kesehatan/gangguan-kepribadian

-          https://www.halodoc.com/kesehatan/gangguan-kecemasan-umum

-          https://www.klikdokter.com/penyakit/serangan-panik

-          https://www.alodokter.com/ocd#:~:text=Sebagai%20contoh%2C%20penderita%20OCD%20yang,(obsessive%20compulsive%20personality%20disorder).

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar